ozie_smanpa blog
Jumat, 16 Januari 2009
PENJELAJAH DUNIA
China Penjelajah Dunia Pertama?

Senin, 16 Januari 2006
Buana Katulistiwa - Selama ini pelaut-pelaut berani Eropa dari abad ke-15 dikenal dunia sebagai penemu benua baru, mengeksplorasi dunia, dan menjadi ikon dunia. Colombus menemukan dunia baru di tahun 1492, Dias menemukan Tanjung Harapan di tahun 1488, dan Magellan mengelilingi dunia di tahun 1519. Namun kini hal ini kemungkinan tidak benar.

Sepertinya dunia dan semua benua yang ada di dalamnya ditemukan oleh laksamana laut China yang bernama Cheng Ho, yang mengarungi lautan antara tahun 1405 dan 1435. Eksplorasinya, yang didokumentasikan dalam catatan sejarah China, dituliskan dalam sebuah buku yang muncul di China pada tahun 1418 berjudul ?The Marvellous Visions of the Star Raft?.

Minggu ini, mulai tanggal 16 Januari 2006, di Beijing dan London, bukti yang mencengangkan tersebut akan dipamerkan di depan umum. Sebuah peta duplikat yang dibuat pada tahun 1763, bertanggal duplikasi dari tahun 1418, yang mengandung catatan yang secara substansi cocok dengan deskripsi dari buku tersebut. Hal ini akan merevolusi pemikiran kita mengenai sejarah dunia pada abad ke-15?, kata Gunnar Thompson, seorang mahasiswa yang mendalami peta kuno dan penjelajah pertama.

Enam karakter di sebelah kanan atas peta bertuliskan ?Peta Umum Dunia?. Di sebelah kiri bawah terdapat sebuah catatan yang mengatakan bahwa peta dibuat oleh Mo Yi Tong, imitasi dari peta dunia yang dibuat tahun 1418, yang menunjukkan kaum barbar sedang menunjukkan rasa hormat bagi Kaisar Ming, Zhu Di.

Detail dalam peta duplikasi tersebut sangatlah menakjubkan. Garis-garis yang menunjukkan benua Afrika, Eropa dan Amerika sangatlah mudah dikenali. Menunjukkan sungai nil dengan dua sumber. Namun ketidakakuratan juga terlihat mencolok. California ditunjukkan sebagai sebuah pulau, pulau-pulau di Inggris Raya tidak terlihat. Jarak antara Laut Merah dengan Laut Tengah lebih besar sepuluh kali dari ukuran aslinya. Australia berada di tempat yang salah (walaupun para kartografer tidak ragu lagi bahwa Australia dan Selandia Baru ditemukan oleh pelaut China, berabad sebelum Kapten Cook tiba).

Komentar yang terdapat di peta, ditulis secara jelas dalam aksara China yang mudah dibaca. Di pantai barat Amerika, peta tersebut mengatakan: ?Kulit ras manusia disini adalah hitam-merah, hiasan bulu burung dikenakan di kepala dan pinggang mereka.? Dan di bagian Australia tertulis: ? Kulit dari suku aborigin juga hitam. Mereka semua telanjang dan memakai benda-benda dari tulang di pinggang mereka.?

Lima ahli akademisi untuk peta kuno mencatat bahwa peta tahun 1418 ini menyatukan informasi yang tersedia sepotong demi sepotong di China dari peta laut pertama. Mereka percaya bahwa peta ini otentik. Peta 1418 ini membuat estimasi yang baik tentang bujur dan lintang dunia dan mengenali bahwa dunia itu bulat. ?Orang-orang China hampir dipastikan sadar akan bujur dan lintang sebelum Cheng Ho berlayar,? menurut Robert Cribbs dari California State University.

Peta yang dibuat oleh para geografer yang ikut dalam armada Cheng Ho ini digambar dengan utara berada di atas ini, berbeda dengan kebiasaan bangsa China di abad pertengahan yang membuat peta dengan arah selatan di atas, sepertinya belum membuat semua ahli sepakat bahwa ini merupakan peta yang otentik. Wang Tai-Peng, seorang jurnalis, di Vancouver yang tidak meragukan bahwa bangsa China sudah mengelilingi dunia pada abad ke-15, masih meragukan armada Cheng Ho berkunjung ke Amerika Utara.

Peta ini sedang dalam penelitian untuk mengetahui tanggal pembuatan peta duplikat ini di Universitas Waikato, Selandia Baru.

Jika peta ini terbukti otentik, sepertinya kita harus mengubah anggapan bahwa orang Eropalah yang pertama kali berhasil mengelilingi dunia dan membuat peta dunia pertama yang komprehensif. Selama ini, peta dunia pertama yang diakui adalah peta buatan Martin Waldseemuller (lihat berita: Peta Amerika Pertama Dilelang) seorang geografer dari Jerman. (ac/tk)

posted by ozie_smanpa_blog @ 20.07  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
About Me

Name: ozie_smanpa_blog
Home:
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.

Sponsor

ads here!

Links
Powered by

BLOGGER